Facebook SMK Gudo

Total Tayangan Halaman

Minggu, 02 Oktober 2011

Wamp

Wamp adalah kompilasi antara Web server Apache, database MySql, dan page preprocessor PHP yang telah digabungkan menjadi WampServer.

WampServer yang dibahas disini adalah WampServer 2 yang merupakan pengembangan dari WAMP5. Istilah WAMP adalah singkatan dari Windows, Apache, MySql dan Php. Serupa dengan LAMP dan XAMP yang ada di linux. Dengan diinstalnya WampServer maka kita dapat menginstall CMS yang berbasis php dan mysql dalam komputer tanpa koneksi internet, baik itu Drupal atau Joomla.

Apa Keuntungannya

Bagi seorang developer web yang menggunakan CMS sangat dianjurkan untuk memiliki web server sendiri, terutama bagi mereka yang tidak memiliki koneksi internet sendiri . Beberapa keuntungan memiliki web server sendiri yaitu:

  1. Anda dapat menguji web anda terlebih dahulu didalam komputer anda sebelum di publish di internet, sehingga anda dapat melihat kekurangan-kekurangan yang mungkin ada dalam web anda.
  2. Bagi pengguna CMS yang baru, disini anda dapat bereksperimen dan meksplore fitur-fitur CMS tanpa khawatir mengacaukan Web anda di internet. Dan tentunya anda tidak dikenakan biaya internet dan akses yang lebih cepat.
  3. Anda dapat melakukan pekerjaan lebih efisien dan hemat biaya, sebab anda sudah mendesain web terlebih atau menulis artikel dahulu di localhost baru kemudian mempublishnya di internet.
  4. Bagi yang cukup mahir, mengedit tema di localhost sangatlah menarik sebab kita bisa langsung mengedit filenya secara langsung dan tidak repot-repot upload.
  5. Webserver ini juga bisa dijadikan webserver untuk Local Area Network yang terdiri atas beberapa komputer misalnya LAN di instansi sekolah. Dan tiap-tiap komputer dapat mengaksesnya langsung seperti halnya di internet (perlu konfigurasi tambahan).

Cara menginstalnya

  1. Download file setup WampServer2.0c.exe disini. Carilah link downloadnya.
  2. Setelah di download filenya, klik 2 kali untuk menginstalnya.
  3. Anda akan diberi peringatan untuk menuninstal dan menghapus direktori dari Wamp sebelumnya, jika ini adalah yang pertama kali anda menginstal WampServer maka anda tidak perlu melakukan apa yang diminta.
  4. Sewaktu menginstal anda akan diminta untuk menentukan direktori dimana akan diinstal, biarkan apa adanya jika anda tidak memahaminya.
  5. Secara default WampServer akan terinstal pada direktori C:\wamp. Tetapi hal ini tidak mutlak, anda bisa menginstalnya di tempat dimanapun yang anda inginkan.
  6. Jalankan WampServer setelah anda selesai menginstal.


Download Wamp

0 komentar:

Posting Komentar

Link Website Resmi SMK Gudo

SMK Gudo Jombang

OSIS SMK Negeri gudo

Recent Posts