Facebook SMK Gudo

Total Tayangan Laman

Minggu, 02 Oktober 2011

MySQL

Sejarah MySQL

MySQL dikembangkan oleh sebuah perusahaan Swedia yang pada saat itu bernama TcX Data Konsult AB, dan pada akhirnya berubah nama menjadi MySQL AB. Sekitar tahun -1995, TcX membuat database MySQL untuk mengembangkan aplikasi web bagi 1994 klien-nya. TcX merupakan perusahaan pengembang software dan konsultan database.


Michael Widenius Monty-satunya di TcX. Dengan berlandaskan pada aplikasi UNIREG dan ISAM yang dibuat sendiri, dia memutuskan untuk mencari antarmuka SQL yang sangat tepat untuk ditempelkan di atasnya. Awalnya dia menggunakan mSQL singkatan dari mini SQL (Structure Query Language). Dia beranggapan bahwa mSQL merupakan satu-satunya kode database open source yang tersedia dan cukup sederhana saat itu. Namun setelah iya melakukan uji coba, ternyata mSQL tidak cukup cepat dan fleksibel. Dan pada versi pertama mSQL tidak memiliki indeks. Setelah itu, dia menghubungi David Hughes sebagai pembuat mSQL, namun karena David tengah sibuk dalam mengembangkan versi 2 mSQL, maka Monty memutuskan untuk membuat sendiri mesin SQL yang antarmuka mirip denagn SQL, namun memiliki kemampuan yang lebih sesuai kebutuhkan, sehingga lahirlah MySQL.

Terdapat perbedaan pendapat seputar asal muasal nama MySQL itu sendiri, ada yang mengataka bahwa nama MySQL diambil dari nama depan dan belakang sebutan dari Michael Widenius, yaitu Monty. Adapula yang mengatakan kata My itu sendiri diambil dari nama putri Monty, yang bernama My. Jika kita amati source code MySQL itu sendiri, prefiks My memang sudah menjadi prefiks umum apabila seseorang ingin membuat kode kustom sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Link Website Resmi SMK Gudo

SMK Gudo Jombang

OSIS SMK Negeri gudo

Recent Posts