Facebook SMK Gudo

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 08 Oktober 2011

TIPS WEBSITE

Terdapat beberapa point penting ketika membuat sebuah website diantaranya berikut dibawah ini:
Homepage (halaman utama) situs Anda harus dapat diakses maksimal 8 detik atau dapat diakses melalui koneksi jaringan internet minimal 28,8 kbps. Apabila proses koneksi membutuhkan waktu yang sangat lama, hal ini akan berpotensi hilangnya customer (pengunjung) yang tidak “betah” menunggu terlalu lama. Akhirnya situs kita tidak akan dikunjungi olah para “calon customer”.

Pastikan menyertakan META Tag pada masing-masing halaman website Anda. META Tag adalah kode yang memungkinkan search engine (mesin pencari seperti: Google) untuk menentukan kata kunci yang relevan dari website Anda. Pilihlah warna latar belakang (background) yang sesuai, jangan menggunakan warna yang mempengaruhi teks untuk dibaca. Warna situs menjadi sebuah ekspresi hati Anda. Warna orange melambangkan keceriaan sedangkan warna ungu atau hitam melambangkan kesuraman. Untuk itu pilihlah warna yang sesuai untuk situs Anda berdasarkan isi yang terkandung dalam situs tersebut.

Gunakan animasi seperlunya, jangan terlalu berlebihan karena dapat mempengaruhi konsentrasi pengguna ketika sedang membaca informasi. Selain itu, animasi juga dapat menghambat akses ke halaman situs Anda. Sebuah animasi yang bagus bukan menjadi jaminan bahwa situs Anda menarik perhatian pengunjung.

Halaman Utama situs harus lebih spesifik agar para pengunjung dapat mengetahui produk yang ditawarkan. Sebagai contoh, jika situs Anda merupakan sebuah lembaga konsultasi maka

sebaiknya jasa-jasa konsultasi yang ditawarkan ditampilkan di halaman utama. Jangan sampai pengunjung merasa bingung dengan keberadaan situs Anda yang tidak jelas produk yang ditawarkan.

Hindari pemasangan iklan (banner) di bagian atas website Anda. Batasi jumlah banner yang akan ditayangkan, maksimal 2 dan idealnya cukup 1 banner. Semakin banyak jumlah banner,semakin lama proses akses dan akan sangat mengganggu konsentrasi pengguna ketika mengunjungi situs Anda.

Periksa ejaan yang salah dan pastikan gambar dan link terhubung dengan baik sebelum ditampilkan secara on-line. Kesalahan dalam mengetikkan alamat url mengakibatkan halaman tersebut akan “ERROR”. Jika sebuah situs terdapat salah satu atau beberapa halaman yang error menjadikan situs tersebut nampak tidak profesional.

Lengkapilah website Anda dengan tombol navigasi yang mudah dan tersusun dengan rapi pada bagian atas, bawah, kiri, maupun kanan. Jika menggunakan tombol dalam bentuk gambar, perlu diingat bahwa kemungkinan proses akses lebih lama. Mengapa? Karena gambar memiliki ukuran yang cukup besar, dan seperti kita ketahui. Sebuah halaman situs maksimal berukuran tidak lebih dari 100kb.

Jika terpaksa harus menggunakan Frame, gunakan secara tepat. Pada dasarnya, penggunaan Frame dalam sebuah situs akan berkesan tidak profesional. Hindari halaman yang memerlukan “scroll”, ini mengakibatkan pengujung kurang nyaman untuk mencari informasi sehingga akan cepat-cepat “kabur” dari situs Anda.

Perhitungkan jumlah klik yang dibutuhkan untuk pindah dari halaman satu ke lainnya. Jika terlalu banyak klik akan sangat membosankan bagi pengunjung. Anda bisa menerapkan sistem navigasi yang lebih nyaman dengan menyertakan logo pada setiap halamannya.

Jika menggunakan “JAVA” pada website Anda gunakan secara tepat. Tawarkan “Java” atau “No Java” kepada pengunjung karena dapat mempengaruhi kinerja masing-masing browser. Hindari adanya iklan “pop up” yang akan membuat pengunjung menjadi bosan.

Jangan menambahkan “autoplay” suara ketika seseorang mengunjungi situs Anda. Sebaiknya tawarkan, apakah menggunakan intro beserta audio (suara) ataukah langsung ke halaman utama.

Periksa website Anda dengan beberapa jenis browser karena masing-masing browser memiliki kemampuan yang berbeda.
Jumat, 07 Oktober 2011

Pemilihan Warna Web Site

Pemilihan warna yang tepat sangat mempengaruhi respon pengunjung terhadap situs kita. Pilihlah warna sesuai dengan tema dalam situs tersebut. Sebagai contoh, jika situs berisi informasi tentang wisata pilihlah warna yang modern. Misalnya warna merah, biru, orange, dan lain sebagainya.  Intinya pilihlah warna yang “eye cacthing” bagi pengguna agar menimbulkan rasa
ingin tahu tentang informasi penting dalam situs tersebut. 

Memang, pemilihan warna sebuah situs bergantung pada warna yang disukai oleh “si pembuat” itu sendiri dan selera pemilih situs. Para pengembang web harus mengikuti kemauan para pemesan, yang notabene pemilik situs. Pengembang web perlu meminta referensi kepada calon pemesan tentang warna yang disukai agar ketika sampai proses pengembangan tidak terjadi perubahan warna yang sangat drastis. Pengembang juga tidak boleh memaksakan diri untuk memilih warna sesuai seleranya.

Warna sebuah situs memiliki makna tersendiri, dan hanya pemilik situs saja yang tahu tentang makna tersebut. Berikut ini terdapat ulasan mengenai makna warna yang dapat diterapkan ketika
membangun sebuah situs yang profesional. Warna-warna tersebut memiliki makna yang positif dan negatif karena warna tersebut sangat mempengaruhi emosional pengunjung untuk menentukan langkah selanjutnya. Warna dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu: warna sejuk, warna hangat, dan warna netral.

WARNA-WARNA SEJUK : Biru, Hijau, Ungu, Pirus dan Perak. Warna-warna sejuk cenderung berpengaruh memberikan perasaan tenang bagi yang melihatnya.  Meskipun digunakan sendiri, warna-warna ini bisa mempunyai rasa dingin atau impersonal,  Berikut ini makna dari warna dalam kategori sejuk:
Biru
Positif: keheningan, mencintai, kesetiaan, rasa aman,  percaya,  intelligence, berhubungan   dengan ilmu  pengetahuan (sciences)
Negatif: kedinginan, ketakutan, kejantanan

Hijau
Positif: berhubungan dengan uang, pertumbuhan, kesuburan, kesegaran, (penyembuhan/pengobatan), healing, keteduhan
Negatif: iri hati, kecemburuan, kesalahan, kekacauan
 
Ungu
Ungu adalah kombinasi biru dan merah, oleh sebab itu ditemukan baik kategori-kategori hangat maupun sejuk
Positif: raja, kaum ningrat, spirituality, kemewahan, ambition
Negatif: misteri, kemasgulan
 
Pirus
Positif: rohani, sembuh, perlindungan, canggih (sophisticated)
Negatif: cemburu, kewanitaan
 
Perak
Positif: glamor, tinggi, anggun, halus dan rapi (sleek)
Negatif: pengkhayal, tidak tulus

WARNA-WARNA HANGAT : Merah, merah muda, kuning, orange, ungu, dan emas. Warna hangat cenderung mempunyai suatu efek kegairahan bagi yang melihatnya. Oleh karena itu ketika warna ini digunakan sendiri dapat menstimulasi, membangitkan emosi kekerasan/kehebatan dan kemarahan. 
 
Berikut ini makna dari warna dalam kategori Hangat
Merah
Positif: cinta, energi, kuasa, kekuatan, penderitaan, panas
Negatif: kemarahan, bahaya, peringatan, ketidaksabaran
 
Merah muda
Positif: sehat, bahagia, feminin, rasa kasihan, manis, suka melucu
Negatif: kelemahan, kewanitaan, ketidak dewasaan
 
Kuning
Positif: terang/cerdas, energi, matahari,  kreativitas, akal, bahagia
Negatif: penakut, tidak bertanggungjawab, tidak stabil
 
Orange
Positif: keberanian, kepercayaan, kehangatan/keramahan, keakraban, sukses
Negatif: ketidak-tahuan, melempem, keunggulan
 
Ungu
Warna ungu ditemukan di dalam kedua-duanya warna dingin dan hangat
Positif: royalti, kebangsawanan, kerohanian, kemewahan, ambisi
Negatif: kegaiban, kemurungan
 
Emas
positif: kekayaan, kemakmuran, berharga, tradisional
negatif: ketamakan, pemimpi

WARNA-WARNA NETRAL : Coklat, berwarna coklat, gading, kelabu, putih dan hitam. Warna netral adalah suatu pemilihan agung untuk bergaul dengan suatu palet (lukis) hangat atau dingin. warna-warna netral sangat baik untuk latar belakang dalam suatu situs. Tambahkan warna hitam untuk menciptakan suatu yang lebih gelap ”dan keteduhan” tentang suatu warna utama.
 
Berikut beberapa makna dari beberapa warna netral:
 
Hitam
Positif: perlindungan, dramatis, serius, bergaya/anggun, formalitas
Negatif: kerahasiaan, kematian, kejahatan/ malapetaka, kegaiban
 
Abu-abu
Positif: keamanan, kehandalan, kecerdasan/inteligen, padat,  konservatif 
Negatif: muram, sedih, konservatif
 
Coklat
Positif: ramah, bumi, keluar rumah, umur panjang, konservatif
Negatif: dogmatis, konservatif
 
Tan ( wol halus yang masih putih)
Positif: ketergantungan, fleksibel, keriting, konservatif
Negatif: tumpul, membosankan, konservatif
 
Gading
Positif: ketenangan, kenyamanan, kebersihan/kesucian, hangat
Negatif: lemah, tidak stabil
 
Putih
Positif: kebaikan, keadaan tak bersalah, kesucian, segar, gampang, bersih,
Negatif: musim dingin, dingin, jauh


Selagi tidak ada kemutlakan “pembenaran” untuk mewarnai sebuah website, Anda perlu  mengetahui sasaran  audience, dan mempertimbangkan respon mereka tentang warna yang digunakan.  Faktor mendasar yang perlu dipertimbangkan untuk target pengguna/pengunjung adalah perbedaan umur/zaman, perbedaan tingkatan/kelas, perbedaan jenis kelamin dan keseluruhan kecenderungan warna.
 
Perbedaan umur/zaman merupakan faktor pokok yang tidak boleh diabaikan. Jika yang menjadi target adalah anak remaja (ABG) dan anak-anak, maka mereka menyukai warna terang, warna dasar,
warna primer merah, biru, kuning dan hijau. Berbeda dengan orang dewasa, yang umurnya lebih tua, mereka akan menyukai warna yang lebih gelap, sama dengan warna dari kelompok warna-warna netral.
 
Perbedaan kelas adalah faktor pokok lain yang memiliki pengaruh dalam memilih warna. Sebuah riset di Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa kelas pekerja  menyukai warna seperti biru, merah, hijau, dan lain lain. Sedangkan mereka yang lebih terdidik cenderung menyukai yang lebih mengaburkan warna seperti taupe, warna biru langit, celadon, ikan salem, dll.
 
Perbedaan jenis kelamin merupakan salah satu faktor nyata dalam memilih warna. Pria cenderung menyukai warna dingin (coo) seperti hijau dan biru, sedangkan wanita menyukai warna lebih hangat, yaitu merah dan orange. Jika kita  memiliki audience (pendengar/ pemerhati) keduanya  (laki-laki dan perempuan), yang  sebaiknya mempertimbangkan pencampuran beberapa warna dari warna cool dan hangat. 
 
Dengan mengetahui target audience dan efek yang berbeda dari warna yang ditimbulkan, kita memperoleh suatu kemampuan  lebih besar untuk menentukan warna apa yang terbaik untuk menarik pengunjung baik pria maupun wanita.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, pengunjung web biasanya menggunakan monitor  berbeda, browsers berbeda, dan sistem operasi berbeda. Itu hampir mustahil untuk memastikan bahwa warna yang kita buat akan sama pada tiap-tiap komputer seperti halnya dicetak. Jangan hanya terkait dengan perbedaan pada komputer yang berlainan, tetapi bagaimana kita mencoba menjadikan penggunaan warna menjadi konsisten. Bagaimana kita menciptakan suatu palet warna untuk perusahaan, identitas merek, atau warna
produk, konsistensi adalah kunci. Gunakanlah warna yang sama pada seluruh usaha pemasaran untuk menciptakan keakraban dengan produk atau  perusahaan. Konsistensi akan membantu menarik engunjung. Warna yang ditampilkan di website harus sama dengan warna dalam bentuk pulikasi (booklet, flyer, pamflet, dan lain-lain yang sejenis).
Minggu, 02 Oktober 2011

Wamp

Wamp adalah kompilasi antara Web server Apache, database MySql, dan page preprocessor PHP yang telah digabungkan menjadi WampServer.

WampServer yang dibahas disini adalah WampServer 2 yang merupakan pengembangan dari WAMP5. Istilah WAMP adalah singkatan dari Windows, Apache, MySql dan Php. Serupa dengan LAMP dan XAMP yang ada di linux. Dengan diinstalnya WampServer maka kita dapat menginstall CMS yang berbasis php dan mysql dalam komputer tanpa koneksi internet, baik itu Drupal atau Joomla.

Apa Keuntungannya

Bagi seorang developer web yang menggunakan CMS sangat dianjurkan untuk memiliki web server sendiri, terutama bagi mereka yang tidak memiliki koneksi internet sendiri . Beberapa keuntungan memiliki web server sendiri yaitu:

  1. Anda dapat menguji web anda terlebih dahulu didalam komputer anda sebelum di publish di internet, sehingga anda dapat melihat kekurangan-kekurangan yang mungkin ada dalam web anda.
  2. Bagi pengguna CMS yang baru, disini anda dapat bereksperimen dan meksplore fitur-fitur CMS tanpa khawatir mengacaukan Web anda di internet. Dan tentunya anda tidak dikenakan biaya internet dan akses yang lebih cepat.
  3. Anda dapat melakukan pekerjaan lebih efisien dan hemat biaya, sebab anda sudah mendesain web terlebih atau menulis artikel dahulu di localhost baru kemudian mempublishnya di internet.
  4. Bagi yang cukup mahir, mengedit tema di localhost sangatlah menarik sebab kita bisa langsung mengedit filenya secara langsung dan tidak repot-repot upload.
  5. Webserver ini juga bisa dijadikan webserver untuk Local Area Network yang terdiri atas beberapa komputer misalnya LAN di instansi sekolah. Dan tiap-tiap komputer dapat mengaksesnya langsung seperti halnya di internet (perlu konfigurasi tambahan).

Cara menginstalnya

  1. Download file setup WampServer2.0c.exe disini. Carilah link downloadnya.
  2. Setelah di download filenya, klik 2 kali untuk menginstalnya.
  3. Anda akan diberi peringatan untuk menuninstal dan menghapus direktori dari Wamp sebelumnya, jika ini adalah yang pertama kali anda menginstal WampServer maka anda tidak perlu melakukan apa yang diminta.
  4. Sewaktu menginstal anda akan diminta untuk menentukan direktori dimana akan diinstal, biarkan apa adanya jika anda tidak memahaminya.
  5. Secara default WampServer akan terinstal pada direktori C:\wamp. Tetapi hal ini tidak mutlak, anda bisa menginstalnya di tempat dimanapun yang anda inginkan.
  6. Jalankan WampServer setelah anda selesai menginstal.


Download Wamp

MySQL

Sejarah MySQL

MySQL dikembangkan oleh sebuah perusahaan Swedia yang pada saat itu bernama TcX Data Konsult AB, dan pada akhirnya berubah nama menjadi MySQL AB. Sekitar tahun -1995, TcX membuat database MySQL untuk mengembangkan aplikasi web bagi 1994 klien-nya. TcX merupakan perusahaan pengembang software dan konsultan database.


Michael Widenius Monty-satunya di TcX. Dengan berlandaskan pada aplikasi UNIREG dan ISAM yang dibuat sendiri, dia memutuskan untuk mencari antarmuka SQL yang sangat tepat untuk ditempelkan di atasnya. Awalnya dia menggunakan mSQL singkatan dari mini SQL (Structure Query Language). Dia beranggapan bahwa mSQL merupakan satu-satunya kode database open source yang tersedia dan cukup sederhana saat itu. Namun setelah iya melakukan uji coba, ternyata mSQL tidak cukup cepat dan fleksibel. Dan pada versi pertama mSQL tidak memiliki indeks. Setelah itu, dia menghubungi David Hughes sebagai pembuat mSQL, namun karena David tengah sibuk dalam mengembangkan versi 2 mSQL, maka Monty memutuskan untuk membuat sendiri mesin SQL yang antarmuka mirip denagn SQL, namun memiliki kemampuan yang lebih sesuai kebutuhkan, sehingga lahirlah MySQL.

Terdapat perbedaan pendapat seputar asal muasal nama MySQL itu sendiri, ada yang mengataka bahwa nama MySQL diambil dari nama depan dan belakang sebutan dari Michael Widenius, yaitu Monty. Adapula yang mengatakan kata My itu sendiri diambil dari nama putri Monty, yang bernama My. Jika kita amati source code MySQL itu sendiri, prefiks My memang sudah menjadi prefiks umum apabila seseorang ingin membuat kode kustom sendiri.

Gabungan Script PHP dan HTML

Bahasa pemrograman PHP dapat digabungkan dengan HTML dengan terlebih dahulu memberikan tanda tag buka dilanjutkan tanda tanya (<?) kemudian ditutup dengan tanda tanya dilanjutkan tanda tag tutup (?>). Ada dua tipe penggabungan antara PHP dan HTML yaitu :



Embedded Script

Yakni penulisan tag PHP di sela-sela tag HTML. Dengan cara lain penulisan tag PHP digunakan untuk mengapit bagian-bagian tertentu dalam dokumen yang memerlukan script PHP untuk proses di dalam server. Embedded Script menempatkan PHP sebagai bagian dari script HTML.

Contoh penulisan Embedded Script yaitu :
<html>

<head>
<title> Testing </title>
</head>

<body>

</body>
</html>




Non Embedded Script

Yakni cara penulisan tag PHP dibagian paling awal dan paling akhir dokumen. Dengan cara lain, penulisan tag PHP digunakan untuk mengawali dan mengakhiri keseluruhan bagian dalam sebuah dokumen. Non Embedded Script menempatkan script HTML sebagai bagian dari script PHP.
Contoh penulisan Non Embedded Script yaitu :

<?
echo '<html>';
echo '<head>';
echo '<title>Testing</title>';
echo '</head><body>';
echo 'Hello Dunia';
echo '<body>';
echo '<html>';
?>

PHP

PHP

Sejarah

PHP merupakan bahasa pemrograman web yang di desain untuk web. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Jika dilihat dari versi pertamanya bahwa PHP terdiri dari sekumpulan script PERL yang digunakan untuk mengolah data form dan website. Kemungkinan bahwa PHP singkatan dari Perl Hypertext Preprocessor. Pada awalnya PHP bernama FI (Form Interpreted). Setelah Rasmus melepaskan kode sumbernya, maka terbentuklah nama PHP. Sejak itulah PHP bersifat open source.

Pada bulan November 1997, PHP Versi 2.0 berhasil dirilis. Pada rilis ini interpreter sudah diimplementasikan dalam bahasa C. Masih pada tahun yang sama sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih cepat. Pada bulan Juni 1998 Zend kembali merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan nama rilis tersebut menjadi PHP 3.0.

Kemudian pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis kembali interpreter PHP baru dengan nama PHP 4.0. PHP 4.0 ini merupakan versi PHP yang paling populer dikalangan programmer website. Alasan yang menjadi versi 4.0 ini begitu diminati oleh adanya kemampuan untuk membangun aplikasi website yang kompleks, namun tetap stabil dalam kecepatan proses dan stabilitas yang tinggi.

Kelebihan PHP

Saat ini banyak pemrograman server web berkembang diantaranya ASP.NET, JSP, CFML, dan PHP. Jika dibandingkan diantara tiga terbesar pemrograman web server diatas, terdapat kelebihan dari PHP itu sendiri, yaitu :

  1. PHP merupakan sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalampenggunaannya. Tidak seperti halnya bahasa pemrograman aplikasi seperti VisualBasic dan sebagainya.
  2. PHP dapat berjalan pada web server yang dirilis oleh Microsoft, seperti IIS atau PWS juga pada Apache yang bersifat open source.
  3. Karena sifatnya open source, maka perubahan dan perkembangan interpreter pada PHP lebih cepat dan mudah, karena banyak milis-milis dan developer yang siap membantu pengembangannya.
  4. Jika dilihat dari segi pemahaman, PHP memiliki referensi yang begitu banyak sehingga sangat mudah dipahami.
  5. PHP dapat berjalan pada tiga operating system : Linux, Unix, Windows serta dapat
    pada suatu console. juga dijalankan secara runtime
kelemahan dari PHP
  1. Tidak ideal untuk pengembangan skala besar.
  2. Tidak memiliki sistem pemrograman berorientasi objek yang sesungguhnya (sampai versi 4 saja). Namun pada versi PHP 5.0 sudah dilengkapi OPP yang sesungguhnya.

HTML

HTML

HTML merupakan kependekan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi informasi ataupun intyerface aplikasi di dalam internet. HTML sendiri adalah suatu dokumen teks biasa yang mudah dimengerti dibanding bahasa pemrograman lainnya, dan karena bentuknya itu maka HTML dapat dibaca oleh sebagai platform seperti : windows, linux, macintosh. Kata Markup Language dalam script HTML dimana kita bisa mengatur judul, garis, tabel, gambar, dan lain-lain dengan perintah yang telah ditentukan pada elemen HTML.

HTML sendiri dikeluarkan oleh W3C (World Wide Web Consortium), setiap terjadi perkembangan level HTML, harus dievaluasi ketat dan disetujui oleh W3C.
Bagian-bagian HTML

HTML terdiri dari beberapa bagian yang fungsinya sebagai penanda suatu kelompok perintah tertentu, misalnya kelompok perintah form yang ditandai dengan kode <form>, judul dengan <title> dan senagainya. Untuk lebih lanjut mengenai bagian-bagian HTML perhatikan skema di bawah ini:
<html>

<head>
<title> ... </title>
</head>
<body>
... isi dari halaman web ...

</body>
</html>

XAMPP For Windows

XAMPP adalah perangkat lunak gratis, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhots), yang terdiri atas program Apache, HTTP Sever, MySQL database, dan Penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan Gratis, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Langkah-langkah instalasi XAMPP

  1. Double klik pada file installer XAMPP yang sudah didownload sebelumnya,
  2. Ikuti petunjuk pada proses installasi nya,
  3. Untuk mempermudah, pada saat muncul tampilan Choose Install Location, biarkan destination folder terisi dengan C:\XAMPP\, setelah itu klik next dan ikuti langkah-langkah selanjutnya,
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan Windows Command,
  5. Pada pertanyaan “Should I add shortcuts to the startmenu/desktop? (y/n):” Isi dengan “y” (tanpa tanda petik), kumudian tekan ENTER,
  6. Pada pertanyaan “Should I procedd? (y/x=exit setup):”. Isi dengan “y” (tanpa tanda petik), kemudian tekan ENTER,
  7. Pada pertanyaan “your choice? (y/n):”. Isikan “n” (tanpa tanda petik), kemudian tekan ENTER,
  8. Tekan tombo ENTER lagi,
  9. Tekan tombol ENTER sekali lagi,
  10. Pada pertanyaan “Please choice (1-7/x):”. ISikan “x” (tanpa tanda petik),
  11. Tekan tombol ENTER untuk mengakhiri proses installasi XAMPP.

Untuk mengecek apakah XAMPP sudah terinstall, lakukan langkah – langkah berikut ini:

  1. Double klik icon XAMPP Control Panel yang ada di desktop. Jika tidak ada pada desktop, buka icon xampp-control.exe yang terdapat didalam folder C:\XAMPP,
  2. Setelah itu maka akan muncul tampilan baru, klik tomblo “start” pada Apache dan Mysql.
  3. Buka alamat http://localhost/xampp pada browser anda,
  4. Jika terbuka halaman Welcome pada XAMPP maka XAMPP terah terinstall.
  5. Untuk mematikannnya klik tombol “Stop” pada Apache dan Mysql
Download XAMPP for Windows

Mozilla Firefox 7.0.1 Indonesia

Mozilla Sepertinya tengah bersemangat meluncurkan kreasi-kreasi terbarunya. Setelah baru saja meluncurkan Mozilla Firefox 6 dan Mozilla Firefox 8 Aurora, mereka mengumumkan akan meluncurkan Mozilla Firefox 13 pada pertengahan 2012.

Direktur Engineering Firefox, Johnathan Nightingale mengatakan, Mozilla menginginkan kualitas yang lebih baik untuk diberikan kepada publik. Pihaknya juga mengatakan bahwa perusahaannya adalah sepenuhnya perusahaan nonprofit. Meskipun sebagai salah satu perusahaan nonprofit, mozilla firefox kreasi perusahaannya memiliki fitur dan peningkatan kecepatan, terutama terdapat API dan standar yang baru.

Nightingale mengatakan, perusahaannya akan meluncurkan Firefox 7 pada September 2011, disusul Mozilla 8 pada bulan November, dan di penghujung tahun, Firefox 9 akan menyusul. Setelah itu, mereka akan mengeluarkan Firefox 10 pada bulan Januari, disusul Firefox 11 pada bulan Maret, Firefox 12 bulan April, dan terakhir Firefox 13 pada bulan Juni.

Download Mozilla Firefox 7.0.1 Indonesia
Sabtu, 01 Oktober 2011

Daftar Nama Peserta Ektrakurikuler Web Design SMKN Gudo Kelompok A

DAFTAR NAMA PESERTA

EKTRAKURIKULER

WEB DESIGN SMKN GUDO

KELOMPOK A

Tahun Pelajaran : 2011/ 2012















No No. Induk NAMA KELAS L/P KETERANGAN
1 NOEFIRA X TKJ 1 P
2 ARIK SANTOSO X TKJ 2 L
3 BAGUS FERDIANTO X TKJ 2 L
4 ARIN WIJAYANTI X TKJ 3 P
5 CITRA APRILIA KARTIKA PUTRI X TKJ 3 P
6 DEWI KASIATI X TKJ 3 P
7 EKA PEBRIANI X TKJ 3 P
8 JALIYYAH KARIM X TKJ 3 P
9 LUJENG RAHAYU X TKJ 3 P
10 NOVILIANNA HELDA FEBRINA X TKJ 3 P
11 PUPUT CAHYANTI X TKJ 3 P
12 WAHYU KUNIAWATI X TKJ 3 P
13 WIWID WIDI ASTUTIK X TKJ 3 P
14 YUNI RAGIL SETYANINGRUM X TKJ 3 P
15 AULIYATIN MAFULA X TKJ 4 P
16 DEWI NUR KHOIDAH X TKJ 4 P
17 ENDANG SRI WAHYUNI X TKJ 4 P
18 HENDY PERMATA SAKTI X TKJ 4 L
19 HERAWATI WIDI ASTUTIK X TKJ 4 P
20 IRVAN PUNGKY NUGROHO X TKJ 4 L
21 MIFTAKHUL JANAH X TKJ 4 P
22 AGUS FATICHUL HANI X MM L
23 ANGGUN DWI PURWANINGSIH X MM P
24 ANISAH X MM P
25 ARISTA ARIANDINI X MM P
26 ASKHI AZIZAH X MM P
27 BAYU KRISWANDI X MM L

Daftar Nama Peserta Ektrakurikuler Web Design SMKN Gudo Kelompok B

DAFTAR NAMA PESERTA

EKTRAKURIKULER

WEB DESIGN SMKN GUDO

KELOMPOK B

Tahun Pelajaran : 2011/ 2012















No No. Induk NAMA KELAS L/P KETERANGAN
1 BINTI NUMALASARI X MM P
2 CICI NINDIA LARASATI X MM P
3 DENOK YUSMALASARI X MM P
4 DIAH ULYARINI X MM P
5 EKA FITRI WULANDARI X MM P
6 ELLIN PUJI APRILLIA X MM P
7 ERMA WULANDARI X MM P
8 FERY ZOGA PRATAMA X MM L
9 IIS BINTI RAHMAWATI X MM P
10 IKA BERTHA SILVIA MUTIARA X MM P
11 LINDA ARIANI FERDIYANTI X MM P
12 MARATUS SOLIKAH X MM P
13 MEZYA NADYA PUTRI X MM P
14 NOVI APLILIA CHOLIFAH X MM P
15 RENI SAHARA X MM P
16 RENNY SAMUDRA X MM P
17 RIA RESTU NINGSIH X MM P
18 RISKI NUR JANATIN X MM P
19 SISKA AGUSTIN PERWITASARI X MM P
20 SITI ALFIAH X MM P
21 SITI NIHAYATU ROCHMA X MM P
22 TIRTA DWI FEBRIANI X MM P
23 TRI SEPTIYAH RUSDIANA X MM P
24 WAHYU WIDYANINGRUM X MM P
25 WULAN IGA MAWARNI X MM P
26 YENI ARIZKI FITRIANA APSARI X MM P
27


Daftar nama peserta Ektrakurikuler Web Design SMKN Gudo Kelompok C

DAFTAR NAMA PESERTA

EKTRAKURIKULER


WEB DESIGN SMKN GUDO

KELOMPOK C


Tahun Pelajaran : 2011/ 2012















No No. Induk NAMA KELAS L/P Keterangan
1



AHMAD ROFIQUL A'LA XI MM L




2



ARINDA FEBRIANA XI MM P




3



BAGUS ARSYA CHORIST NANDA XI MM L




4



BETY ARIA FATMA XI MM P




5



DIANTOK XI MM L




6



ESTI RAHAYU XI MM P




7



FATIMAH DESY MAHDI XI MM P




8



FELIA KUSUMAWATI XI MM P




9



IDA DIAH FITRIANA XI MM P




10



IMAM MUIZZUDIN XI MM L




11



INDAH SUGIANTI XI MM P




12



INDAH WAHYUNINGSIH XI MM P




13



ISMI BERLIAN CAHAYA MURNI XI MM P




14



LIA JUNITA SARI XI MM P




15



LULUK AZIZAH XI MM P




16



MEDINA ANGGRAENI XI MM P




17



MEGAWATI XI MM P




18



MUHAMMAD SYAMSUDDUHA XI MM L




19



NININ SISKA PRATIWI XI MM P




20



NURILFAIL MUNADHIROH XI MM P




21



NURUL AZKIYAH XI MM P




22



QOYUM BUDI LUKMANA XI MM L




23



RIA ROIDAH XI MM P




24



RISKA WINDY SAPUTRI XI MM P




25



RIZKI LARAS SEPTI XI MM P




26



SITI AMINAH XI MM P




27



TRI ULAN SARI XI MM P




28



TRIYA SULASMININGSIH XI MM P




29



TUTUS SORAYA XI MM P




30



YUNI SUSILO WATI XI MM P




31



ZAINAL ABIDIN XI MM L




32



ALBERTUS TATAG HANGGAYUH N XI TKJ 4 L




33



ANTONIUS TUTUG HANGGAYUH K XI TKJ 4 L




34



BIMBI WAHYU UTOMO XI TKJ 4 L




35



NISAUL MUSAYADAH XI TKJ 4 P




36



NOVIANASARI DEWI XI TKJ 4 P




37



NUR AINI XI TKJ 4 P




38



WINDI ISMIAWATI XI TKJ 4 P